Pengisian Data Instrumen Penilaian Efektivitas Manajemen Sekolah | Salam Jumpa sobat guru dan aktivis pendidikan, kali ini penulis akan berbagi mengenai instrumen yang berisi tentang Pengisian Data Instrumen Penilaian Efektivitas Manajemen Sekolah, bagi anda sekolah tingkat dasar dan menengah diawal pembelajaran biasanya akan dilakukan monev oleh pengawas pembina, lalu apa saja komponen-komponen yang akan dinilai oleh sekolah berikut adalah diantaranya
Dokumen RKJM
|
1
|
Perlu dibuatkan SK dalam penyusunan RKJM (masa 4 tahun) sesuai
pedoman.
|
Perlu ditinjau kembali bila RKJM tidak memiliki masa minimal 4 tahun
sesuai pedoman.
|
||
RKJM perlu disyahkan oleh Kepala Sekolah.
|
||
Perlu melibatkan warga sekolah dengan bukti Daftar Hadir dan atau
Berita Acara
|
||
RKJM perlu disosialisasikan kepada warga sekolah
|
||
-
|
||
Dokumen KTSP
|
1
|
Perlu dibuatkan SK dalam penyusunan Dokumen KTSP sesuai pedoman.
|
Perlu legalitas KTSP yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah.
|
||
Perlu legalitas KTSP yang diketahui oleh Dinas Pendidikan Kab./Kota
dan atau Propinsi
|
||
Perlu melibatkan warga sekolah dalam penyusunan KTSP dengan bukti
Berita Acara/Daftar Hadir
|
||
KTSP perlu disosialisasikan kepada warga sekolah dengan bukti Daftar
Hadir/berita acara
|
||
-
|
||
Dokumen RKT
|
1
|
Perlu dibuatkan SK Tim Penyusun Dokumen RKT sesuai pedoman.
|
Perlu penyusunan RKT Sekolah untuk mengetahui kegiatan program sekolah
1 tahun ke depan.
|
||
RKT perlu legalitas dengan pengesahan oleh Kepala Sekolah
|
||
Perlu keterlibatan warga sekolah dalam penyusunan RKT dengan bukti
Daftar Hadir / Berita acara
|
||
RKT perlu disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah
|
||
-
|
||
Dokumen
|
1
|
Perlu dibuat SK Penyusunan dokumen RKAS
|
RKAS
|
Perlu ditnjau kembali RKAS hendaknya mengacu pada 8 SNP.
|
|
Dokumen RKAS perlu disyahkan oleh Kepala Sekolah.
|
||
Dokumen RKAS perlu legalitas dengan diketahui oleh Ketua Komite
Sekolah
|
||
Perlu melibatkan warga sekolah dalam penyusunan RKAS berupa Daftar Hadir
/ Berita Acara
|
||
RKAS perlu disosialisasikan kepada warga sekolah dengan bukti daftar
hadir.
|
||
-
|
||
PENGORGANISASIAN
|
||
Struktur
|
1
|
Perlu dibuat struktur organisasi sekolah dalam bentuk papan informasi
atau sejenisnya.
|
Organisasi
|
Perlu dibuat rincian tugas / job deskripsi yang jelas pada
masing-masing bidang dalam struktur organisasi sekolah
|
|
Sekolah
|
Perlu legalitas yang jelas terkait tugas tambahan sebagai Kepala
Sekolah dalam struktur organisasi sekolah dibuktikan adanya SK Kepala Sekolah.
|
|
Perlu pendelegasian tugas yang jelas berupa terkait Tugas Tambahan
sebagai Wakil Kepala Sekolah sesuai kebutuhan dalam struktur organisasi
sekolah.
|
||
Perlu pendelegasian tugas terkait Tugas Tambahan sebagai Kaperpus /
Kalab / Kabeng dalam struktur organisasi sekolah.
|
||
Perlunya komponen wali kelas yang mumpuni dalam strukur organisasi
sekolah.
|
||
Perlunya pendelegasian tugas yang jelas bagi pembina esktra kurikuler
dalam strukur organisasi sekolah.
|
||
-
|
||
SK pembagian tugas
|
1
|
Perlu dibuat SK pembagian tugas beban kerja mengajar pendidik.
|
Perlu dibuat SK pembagian tugas tenaga kependidikan.
|
||
Perlu dibuat SK pembagian tugas tambahan sebagai wali kelas.
|
||
Perlu dibuat SK Pembina ekstrakurikuler.
|
||
Perlu dibuat SK tugas tambahan sebagai Tenaga Perpustakaan / Lab /
Bengkel atau lainnya yang sejenis.
|
||
-
|
||
PELAKSANAAN KEGIATAN
|
||
Data kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan
|
1
|
Perlu dibuat prosentase kehadiran peserta didik per kelas per
bulannya.
|
Perlu dibuat prosentase kehadiran setiap tenaga pendidik / guru
|
||
Perlu dibuat prosentase kehadiran tenaga kependidikan / karyawan
|
||
Perlu dibuat prosentase kehadiran setiap tenaga pendidik / guru
kumulatif (keseluruhan)
|
||
Perlu dibuat prosentase kehadiran setiap tenaga kependidikan /Karyawan
kumulatif (keseluruhan)
|
||
-
|
||
Data pendidik melakukan pembelajaran.
|
1
|
Perlunya merekapitulasi data pendidik yang membuat perangkat
pembelajaran Silabus dan RPP.
|
Perlunya merekapitulasi data pendidik yang perangkat pembelajaran
lainnya sperti : Prota, Prosem, Analisis Pekan Ffektif dan penetapan KKM.
|
||
Perlunya merekapitulasi data pendidik yang membuat administrasi
pembelajaran.
|
||
Perlunya merekapitulasi data pendidik yang melakukan pembelajaran
kreatif inovatif.
|
||
Perlunya merekapitulasi data pendidik yang mampu melakukan pembelajaran mengunakan IT (Teknologi
Informasi)
|
||
-
|
||
Data pendidik melakukan penilaian
|
1
|
Perlunya pendidik membuat kisi-kisi penilaian kompetensi sikap
|
Perlunya pendidik membuat kisi-kisi penilaian kompetensi pengetahuan
|
||
Perlunya pendidik membuat kisi-kisi penilaian kompetensi keterampilan
|
||
Perlunya pendidik membuat instrumen penilaian kompetensi sikap
|
||
Perlunya pendidik membuat instrumen penilaian kompetensi pengetahuan
|
||
Perlunya pendidik membuat instrumen penilaian kompetensi keterampilan
|
||
Perlunya pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap.
|
||
Perlunya pendidik melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan .
|
||
Perlunya pendidik melaksanakan penilaian kompetensi keterampilan
|
||
-
|
||
Data pendidik melakukan kegiatan tindak lanjut hasil penilaian
|
1
|
Perlunya pendidik melakukan analisis hasil penilaian kompetensi sikap
|
Perlunya pendidik melakukan analisis hasil penilaian kompetensi
pengetahuan
|
||
Perlunya pendidik melakukan analisis hasil penilaian kompetensi
keterampilan
|
||
Perlunya pendidik melakukan program remedial kompetensi pengetahuan
|
||
Perlunya pendidik melakukan program remedial kompetensi
keterampilan
|
||
-
|
||
Dokumen kegiatan ekstrakurikuler
|
1
|
Perlunya menginventarisir dokumen prestasi sekolah.
|
Perlunya menginventarisir dokumen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
bidang keagamaan.
|
||
Perlunya menginventarisir dokumen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
bidang akademik.
|
||
Perlunya menginventarisir dokumen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
bidang olahraga.
|
||
Perlunya menginventarisir dokumen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
bidang kesenian.
|
||
Perlunya menginventarisir dokumen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
bidang bahasa.
|
||
-
|
||
Dokumen keuangan sekolah
|
1
|
Perlu membuat buku / data Kas Umum sampai dengan akhir semester
berjalan.
|
Perlu membuat buku / data Kas sampai dengan akhir semester berjalan.
|
||
Perlu membuat buku Pembantu Bank.
|
||
Perlu membuat buku Pembantu Pajak.
|
||
Perlu membuat buku / data Penerimaan Dana dari orang tua / wali murid.
|
||
-
|
||
PENGAWASAN
|
||
Peraturan tata tertib
|
1
|
Perlu penyusunan peraturan tata tertib peserta didik.
|
Sekolah
|
Perlu penyusunan peraturan tata tertib tenaga pendidik.
|
|
Perlu penyusunan peraturan tata tertib tenaga kependidikan.
|
||
Perlu penyusunan kode etik pendidik dan tenaga kependidikan.
|
||
Perlu penyusunan peraturan akademik.
|
||
-
|
||
Peraturan
|
1
|
Perlu penyusunan peraturan penerimaan siswa baru.
|
Pengelolaan
|
Perlu penyusunan kriteria / peraturan kenaikan kelas.
|
|
Sekolah
|
Perlu penyusunan kriteria / peraturan kelulusan.
|
|
Perlu penyusunan peraturan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah.
|
||
Perlu penyusunan peraturan pengelolaan keuangan sekolah.
|
||
-
|
||
Supervisi akademik
|
1
|
Perlu dibuat SK/SPT Program Supervisi Akademik yang melibatkan Waka
dan uru senior.
|
Perlu dibuat Jadwal Kegiatan Supervisi Akademik.
|
||
Perlu diinventarisir bukti pelaksanaan supervisi akademik berupa
Instrumen Supervisi dan kelengkapannya.
|
||
Perlu dilakukan analisis hasil supervisi akademik berupa catatan pada
buku pembinaan oleh pelaksana supervisi.
|
||
Perlu dilakukan tindak lanjut hasil supervisi akademik dengan bukti
rekomendasi yang dapat dilakukan pada buku pembinaan.
|
||
-
|
||
Rapat sekolah
|
1
|
Perlu dijadwalkan rapat awal tahun dengan orang tua peserta didik
dengan bukti daftar hadir rapat dan atau notulen.
|
Perlu rapat awal tahun dengan pendidik dan tenaga kependidikan dengan
bukti daftar hadir rapat / notulen.
|
||
Perlu mendokumentasikan daftar hadir rapat kenaikan kelas.
|
||
Perlu mendokumentasikan daftar hadir rapat kelulusan.
|
||
Perlu mendokumentasikan daftar hadir rapat bulanan dengan pendidik dan
tenaga kependidikan.
|
||
-
|
||
EVALUASI
|
||
Evaluasi pencapaian program tahunan sekolah
|
1
|
Perlunya mendokumentasikan uraian kegiatan dalam pencapaian program
tahunan sekolah.
|
Perlunya menyusun evaluasi capaian program tahunan
|
||
Perlu menetapkan target yang ingin dicapai pada 1 tahun kedepan
|
||
Perlunya mendokumentasikan catatan kendala / hambatan dalam pencapaian
program.
|
||
Perlunya menyusun rencana tindak lanjut.
|
||
-
|
||
Evaluasi kegiatan pendidik melakukan pembelajaran
|
1
|
Perlunya pendidik yang membuat perangkat pembelajaran : Analisis
Pemetaan, Silabus, Penetapan KKM, Rancangan Penilaian dan RPP.
|
Perlunya pendidik yang membuat perangkat pembelajaran : Program
Tahunan, Program Semester, Analisis Pekan Efektif.
|
||
Perlunya pendidik membuat administrasi pembelajaran.
|
||
Perlunya pendidik belajar dan menerapkan pembelajaran kreatif
inovatif.
|
||
Perlunya pendidik mereapkan pembelajaran menggunakan IT.
|
||
-
|
||
Evaluasi kegiatan pendidik melakukan penilaian
|
1
|
Perlunya pendidik membuat evaluasi alat penilaian kompetensi sikap.
|
Perlunya pendidik membuat evaluasi alat penilaian kompetensi
pengetahuan.
|
||
Perlunya pendidik membuat evaluasi alat penilaian kompetensi
keterampilan.
|
||
Perlunya pendidik melakukan evaluasi hasil penilaian kompetensi sikap.
|
||
Perlunya pendidik melakukan evaluasi hasil penilaian kompetensi
pengetahuan.
|
||
Perlunya pendidik melakukan evaluasi hasil penilaian kompetensi
keterampilan.
|
||
-
|
||
Evaluasi kegiatan pendidik melakukan tindak lanjut hasil penilaian
|
1
|
Perlunya pendidik melakukan evaluasi analisis ulangan harian
kompetensi sikap
|
Perlunya pendidik melakukan evaluasi analisis ulangan harian
kompetensi pengetahuan
|
||
Perlunya pendidik melakukan evaluasi analisis ulangan harian
kompetensi keterampilan
|
||
Perlunya pendidik melakukan evaluasi program remidial kompetensi
pengetahuan.
|
||
Perlunya pendidik melakukan evaluasi program remidial kompetensi
Keterampilan.
|
||
-
|
||
Evaluasi
|
1
|
Perlunya mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan.
|
Kegiatan
|
Perlunya mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler akademik.
|
|
Ekstrakurikuler
|
Perlunya mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler olahraga.
|
|
Perlunya mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler kesenian.
|
||
Perlunya mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler bahasa.
|
||
-
|
||
Laporan Keuangan
|
1
|
Perlunya penyusunan RKAS yang disyahkan oleh kepala sekolah dan
diketahui oleh Komite Sekolah.
|
Perlunya penyusunan RAPBS sejumlah sumber dana yang ada, disyahkan
oleh kepala sekolah dan diketahui oleh komite sekolah.
|
||
Perlunya penyusunan rekapitulasi realisasi penggunaan keuangan sekolah
sampai pada semester terakhir berjalan.
|
||
Perlunya pemeriksaaan keuangan dalam buku kas umum setiap bulan oleh
kepala sekolah.
|
||
Perlunya pembuatan bukti penggunaan keuangan sekolah (berupa
Rekapitulasi penggunaan dana, bukti pengeluaran / kuitansi atau yang sejenis)
sampai pada semester akhir berjalan.
|
Semoga apa yang saya lampirkan diatas bermanfaat, maka dari itu jangan lupa tinggalkan komentar salam sukses selalu.
0 Response to "PENGISIAN DATA INSTRUMEN PENILAIAN EFEKTIVITAS MANAJEMEN SEKOLAH "
Posting Komentar