RPP Pemrograman Dasar K13 Revisi 2017 Semester Genap



RPP Pemrograman Dasar K13 Revisi 2017 Semester Genap | Sesuai judul yang saya tulis, berikut saya tampilkan cuplikan Rencana Perangkat Pembelajaran Materi Pelajaran Produktif terkhusus untuk Program Studi Teknik Komputer dan Informasi, diantaranya Kompetensi Keahlian ; Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multi Media. Dan untuk menghormati pembuat dari RPP ini berikut saya lampirkan juga alamat asli dari pemiliknya: "http://ahmadiandianto.com/?p=86#comment-11 "

Kegiatan Pembelajaran

No

URAIAN KEGIATAN

Alokasi Waktu
1
Guru
Siswa
1.       Kegiatan pendahuluan
10’
Pendahuluan
1.    Guru menyiapkan peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
2.    Guru mengabsen siswa
3.    Guru memberikan kuis dengan memberikan pertanyaan dari pertemuan sebelumnya
4.    Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik
5.    Guru membentuk kelompok dengan anggota antara 2-3 orang siswa
1.      Siswa menyiapkan diri
2.      Siswa menjawab kuis
3.      Siswa duduk berkelompok sesuai dengan pembagian

2. Kegiatan Inti
160’
Penggalan 1

Langkah 1
Klarifikasi permasalahan
1.       Guru menunjukkan sebuah aplikasi yang menggunakan variabel dan meminta siswa memberikan beberapa kali masukan
2.       Guru meminta siswa untuk meneliti data yang dimasukkan dan data yang tersimpan
1.       Siswa menyimak layar LCD
2.       Siswa memberikan input dan mengindentifikasi nilai
3.       Siswa mendapatkan deskripsi permasalahan keterbatasan variabel pada data yang banyak


Langkah 2
Brainstorming
1.       Guru memfasilitasi siswa untuk mengklarifikasikan array dalam aplikasi

1.       Siswa melakukan brainstorming dengan saling tukar informasi, belajar bersama dan berdiskusi tentang masalah array
2.       Siswa menginventarisir pengetahuan tentang array dan mampu merumuskan teori apa saja yang harus dikuasai untuk implementasinya pada bahasa pemrograman
3.       Siswa memberikan contoh kejadian sehari-hari yang menggunakan array dan mampu menyusun tahapan yang dapat digunakan untuk menyelesaikannya dalam bahasa pemrograman.

Langkah 3
Pengumpulan informasi dan data
1.       Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang array dalam JAVA

1.       Siswa mengumpulkan data dan informasi terkait array dalam JAVA melalui bahan ajar maupun internet
2.       Siswa membuat tabulasi hasil pengumpulan data dan informasi sebagai acuan yang mempermudah dalam menyelesaikan array

Langkah 4
Berbagi informasi dan berdiskusi untuk menemukan solusi
1.       Guru meminta siswa berdiskusi merumuskan pemecahan masalah dalam array secara manual pada kertas dan mengujinya pada IDE Netbeans
1.       Siswa melakukan brainstorming di dalam kelompok untuk merumuskan pemecahan masalah array pada kertas
2.       Siswa menguji rumusan penyelesaian masalah pada IDE Netbeans dengan membuat kode dan mengeksekusinya.
3.       Siswa merumuskan hasil penyelesaian masalah

Langkah 5
Presentasi solusi masalah
1.       Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi dan pengujian
2.       Guru meminta siswa lain memberikan review dan saran terhadap presentasi yang telah berlangsung
1.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang solusi yang dikemukakan untuk menyelesaikan masalah di depan kelas
2.       Siswa memberikan review dan saran


Penggalan 2

Langkah 1
Klarifikasi permasalahan
1.       Guru menunjukkan sebuah input output yang menggunakan array.
2.       Guru mendemonstrasikan contoh input output array, selanjutnya meminta siswa mengidentifikasi permasalahan pada hasil input/output.

1.       Siswa menyimak layar LCD
2.       Siswa mengidentifikasi permasalahan input/output.
3.       Siswa mengidentifikasi permasalahan pada hasil proses input/output
4.       Siswa mendapatkan deskripsi permasalahan input/output


Langkah 2
Brainstorming
1.       Guru memfasilitasi siswa untuk mengklarifikasikan operasi input/output array

1.       Siswa melakukan brainstorming dengan saling tukar informasi, belajar bersama dan berdiskusi input/output array
2.       Siswa menginventarisir, mengklasifikasi teknik penulisan dan pembacaan nilai array
3.       Siswa mendapatkan deskripsi dari masalah, apa saja yang perlu dipelajari untuk operasi baca/tulis array.

Langkah 3
Pengumpulan informasi dan wdata
1.       Guru meminta siswa untuk mencari informasi operasi baca/tulis pada array

1.       Siswa mengumpulkan data dan informasi terkait operasi baca tulis array aritmatika pada JAVA
2.       Siswa membuat gambar skema proses baca/tulis pada array dalam JAVA

Langkah 4
Berbagi informasi dan berdiskusi untuk menemukan solusi
1.       Guru meminta siswa berdiskusi merumuskan pemecahan masalah dalam operasi baca tulis array mengujinya pada IDE Netbeans
1.       Siswa melakukan brainstorming di dalam kelompok untuk menyelesaikan operasi baca tulis array di JAVA
2.       Siswa menguji rumusan penyelesaian masalah pada IDE Netbeans dengan membuat kode dan mengeksekusinya.
3.       Siswa merumuskan hasil penyelesaian masalah

Langkah 5
Presentasi solusi masalah
1.       Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi dan pengujian
2.       Guru meminta siswa lain memberikan review dan saran terhadap presentasi yang telah berlangsung
1.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang solusi yang dikemukakan untuk menyelesaikan masalah di depan kelas
2.       Siswa memberikan review dan saran

Penggalan 3

Langkah 1
Klarifikasi permasalahan
1.       Guru menampilkan sebuah operasi array dengan beberapa jenis kesalahan.
2.       Guru mendemonstrasikan hasil koding, selanjutnya meminta siswa mengidentifikasi permasalahan pada hasil operasi.
1.       Siswa menyimak layar LCD
2.       Siswa mengidentifikasi permasalahan pada hasil proses operasi.
3.       Siswa mendapatkan deskripsi permasalahan dari kejanggalan hasil yang didapatkan


Langkah 2
Brainstorming
1.       Guru memfasilitasi siswa untuk mengklarifikasikan kesalahan yang biasa terjadi dalam operasi array

1.       Siswa melakukan brainstorming dengan saling tukar informasi, belajar bersama dan berdiskusi tentang operasi array
2.       Siswa menginventarisir permasalahan dalam operasi array
3.       Siswa mendapatkan deskripsi dari masalah, apa saja yang perlu dipelajari untuk mengatasi permasalahan dalam operasi array.

Langkah 3
Pengumpulan informasi dan data
1.       Guru meminta siswa untuk mencari informasi kesalahan dalam operasi array

1.       Siswa mengumpulkan data dan informasi terkait kesalahan operasi array pada JAVA
2.       Siswa membuat skema hasil pengumpulan data dan informasi sebagai acuan yang mempermudah dalam menyelesaikan kasus operasi array dalam JAVA

Langkah 4
Berbagi informasi dan berdiskusi untuk menemukan solusi
1.       Guru meminta siswa berdiskusi merumuskan pemecahan masalah dalam operasi array pada IDE Netbeans
1.       Siswa melakukan brainstorming di dalam kelompok untuk merumuskan pemecahan masalah pada operasi array
2.       Siswa menguji rumusan penyelesaian masalah pada IDE Netbeans dengan membuat kode dan mengeksekusinya.
3.       Siswa merumuskan hasil penyelesaian masalah

Langkah 5
Presentasi solusi masalah
1.       Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi dan pengujian
2.       Guru meminta siswa lain memberikan review dan saran terhadap presentasi yang telah berlangsung
1.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang solusi yang dikemukakan untuk menyelesaikan masalah di depan kelas
2.       Siswa memberikan review dan saran

3. Kegiatan Penutup
10’
Langkah 6
Refleksi
1.      Guru memfasilitasi siswa untuk memberikan ulasan terhadap pembelajaran yang dilakukan.
2.      Guru dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME  bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.
1.       Siswa mengemukakan ulasan terhadap pembelajaran yang dilakukan



Jika anda berminat untuk memiliki versi lengkapnya bisa langsung menuju alamat pemiliknya dengan cara mencopy paste alamat yang sudah saya lampirkan di atas atau bisa juga dengan meninggalkan komentar dan alamat emailnya, file lengkapnya akan saya kirim langsung ke alamat email anda terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Pemrograman Dasar K13 Revisi 2017 Semester Genap"