PENATAAN ULANG (PENYEMPURNAAN)
SPEKTRUM KEAHLIAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN DAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
PAKET KEAHLIAN: TKJ
MA PEL
|
KELAS
|
||||||
X
|
XI
|
XII
|
|||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
||
Kelompok
C (Peminatan)
|
|||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian
|
|||||||
10
|
Simulasi Digital
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11
|
Fisika
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
12
|
Sistem Komputer
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C2. Dasar Program Keahlian
|
|||||||
13
|
Komputer dan Jaringan Dasar
|
10
|
10
|
-
|
-
|
-
|
-
|
14
|
Pemrograman Dasar
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15
|
Dasar Design Grafis
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C3. Paket Keahlian
|
|||||||
Paket
Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
|
|||||||
16
|
Teknologi Infrastruktur
Jaringan
|
-
|
-
|
8
|
8
|
-
|
-
|
17
|
Rancang Bangun
Jaringan
|
-
|
-
|
8
|
8
|
9
|
9
|
18
|
Administrasi Server dan Keamanan Jaringan
|
-
|
-
|
8
|
8
|
10
|
10
|
19
|
Teknologi Layanan Jaringan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10
|
10
|
20
|
Pengembangan Produk Kreatif
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
3
|
C1 + C2 + C3
|
26
|
26
|
27
|
27
|
32
|
32
|
|
TOTAL
|
48
|
48
|
48
|
48
|
48
|
48
|
Mohon maaf yang saya tampilkan di tabel hanya untuk kelompok c (peminatan) sedangkan untuk kelompok wajib a dan wajib b sengaja tidak saya tampilkan karena pada dasarnya sama atau tidak mengalami perubahan.
Jika sobat berminat memiliki file perubahan Struktur kurikulum TKJ 2016 sbisa sobat unduh di bagian akhir postingan ini.
Berdasarkan penataan ulang yang di lakukan oleh tim pengembang kurikulum terbaru, terkhusus untuk paket keahlian TKJ, telah dilakukan penyempurnaan berupa perubahan - perubahan, berikut adalah preview untuk kelompok c2 sepuluh TKJ nya ;
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami konsep dan cara kerja
dari
komputer meliputi cara
kerja prosesor,
mainboard, memori dan media
penyimpanan
|
4.1.
Mengidentifikasi konsep dan cara kerja
dari komputer meliputi cara
kerja
procesor, papan induk, memori dan media
storage
|
3.2 Menganalisis spesifikasi komponen utama pada perangkat keras komputer,
notebook, smartphone dan tablet dalam
menentukan kebutuhan pekerjaan
|
4.2.
Menetapkan spesifikasi komponen
utama
pada
perangkat keras komputer,
notebook, smartphone dan tablet dalam
menentukan kebutuhan pekerjaan
|
3.3 Memahami
tempat dan keselamatan
kerja yang sesuai dengan standar
industri
perangkat keras komputer, notebook,
smartphone
dan tablet
|
4.3.
Menyajikan tempat dan keselamatan kerja
yang sesuai dengan standar industri
perangkat keras komputer, notebook,
smartphone
dan tablet
|
3.4 Memahami prosedur
perakitan dan pengujian yang sesuai dengan prosedur
di industri perangkat keras komputer,
notebook, smartphone dan tablet
|
4.4.
Melakukan perakitan dan pengujian yang sesuai dengan prosedur di industri
perangkat keras komputer,
notebook,
smartphone
dan tablet
|
3.5 Menerapkan standar prosedur
pemeliharaan,
troubleshooting dan
perbaikan komputer,
notebook,
smartphone dan tablet yang diterapkan di
industri perangkat keras dan dunia
usaha
pada bidang komputer
dan perangkat
sejenis
|
4.5.
Membuat standar prosedur
pemeliharaan, troubleshooting dan perbaikan komputer,
notebook,
smartphone
dan tablet yang
diterapkan di industri perangkat keras dan dunia usaha pada bidang komputer
dan perangkat sejenis
|
3.6 Memahami dasar,
prinsip dan cara kerja
pada
sistem operasi
|
4.6.
Mengidentifikasi dasar,
prinsip dan cara
kerja pada sistem operasi
|
3.7 Memahami fungsi BIOS dan konfigurasinya
pada
perangkat keras
komputer/notebook sesuai dengan
kebutuhan pekerjaan
|
4.7.
Melakukan konfigurasi BIOS pada
perangkat keras komputer/notebook sesuai dengan kebutuhan pekerjaan
|
3.8 Menerapkan instalasi, administrasi dan
perintah dasar
pada
sistem operasi closed dan terbuka
|
4.8.
Melakukan instalasi,
administrasi dan
perintah dasar
pada
sistem operasi closed dan terbuka
|
3.9 Menerapkan instalasi aplikasi pada operating system tertutup dan terbuka yang
disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan
|
4.9.
Melakukan instalasi aplikasi pada operating system tertutup dan terbuka
|
3.10 Menerapkan standar prosedur
pemeliharaan,
troubleshooting dan
perbaikan pada sistem operasi dan
aplikasi
|
4.10.
Membuat standar
prosedur pemeliharaan, troubleshooting dan perbaikan pada sistem operasi dan aplikasi
|
3.11
Menerapkan instalasi peripheral tambahan, driver
dan konfigurasi pada sistem operasi closed dan terbuka
yang mendukung pada kebutuhan pekerjaan
|
4.11.
Melakukan instalasi peripheral tambahan, driver
dan konfigurasi pada
sistem
operasi closed dan terbuka yang
mendukung pada
kebutuhan pekerjaan
|
3.12 Memahami dasar jaringan komputer dan
topologi jaringan komputer
|
4.12.
Mengidentifikasi jenis dan topologi
jaringan komputer
|
3.13 Memahami media
jaringan komputer
yang meliputi media jaringan kabel dan
nirkabel
|
4.13.
Mengidentifikasi jenis media jaringan
komputer yang meliputi media
jaringan
kabel dan
nirkabel
|
3.14 Memahami instalasi jaringan komputer
menggunakan jenis media jaringan kabel
dan nirkabel pada
jaringan lokal (LAN)
|
4.14.
Melakukan instalasi jaringan komputer menggunakan jenis media jaringan kabel
dan nirkabel pada
jaringan lokal (LAN)
|
3.15 Memahami dasar-dasar
IP
Address dan
penerapannya pada jaringan lokal (LAN)
|
4.15.
Membuat konfigurasi IP Address pada jaringan lokal (LAN)
|
3.16 Memahami proses sharing file,
sharing folder
dan sharing device pada sistem
operasi closed dan terbuka
|
4.16.
Membuat sistem
sharing file,
sharing
folder dan sharing device pada sistem
operasi closed dan terbuka
|
3.17 Memahami
koneksi internet melalui ISP
|
4.17. Membuat koneksi internet melalui ISP
|
3.18 Memahami standar prosedur
pemeliharaan, troubleshooting dan
perbaikan pada
Jaringan Lokal (LAN) nirkabel
|
4.18.
Membuat standar prosedur,
pemeliharaan,
troubleshooting dan
perbaikan pada
Jaringan Lokal (LAN) nirkabel
|
Adapun perubahan yang paling mencolok pada kurikulum terbaru kali ini adalah pada mata pelajaran berikut ini ;
* Teknologi Infrastruktur Jaringan ----> Mapel Baru
* Teknologi Layanan Jaringan ----> Mapel Baru
* Pengembangan Produk Kreatif ----> Mapel Baru
Sebagian materi bahkan sudah dihapus, tapi sebenarnya justru menurut saya lebih efektif dan efesien karena telah dilakukan pemadatan materi.
Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat sampail jumpa kembali, terimakasih
0 Response to "PENATAAN ULANG (PENYEMPURNAAN) STRUKTUR KURIKULUM TKJ 2016"
Posting Komentar